ANALISIS ASAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DESA SUNGAI CINGAM KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS

Penulis

  • Evasari STIA Lancang Kuning
  • sofyan STIA Lancang Kuning
  • Dila Erlianti STIA Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.36917/japabis.v4i1.43

Kata Kunci:

Asas Pelayanan, Pelayanan Publik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asas pelayanan publik pada Kantor Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan asas pelayanan publik pada Kantor Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah asas pelayanan publik menurut Komarudin (2014:26) yaitu: Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh aparatur dan staff Kantor Desa Sungai Cingam dan masyarakat yang melakukan pengurusan. Penelitian ini mengunakan teknik pengambilan sampel sampling jenuh untuk aparatur berjumlah 19 orang dan sampling insidental untuk masyarakat berjumlah 66 orang dengan jumlah responden 85 orang. Sumber dan jenis data yaitu data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data mengunakan wawancara dan kuestioner, analisis data mengunakan statistik deskriptif dengan teknik pengukuran Rating Scale. Hasil penelitian asas pelayanan pubik pada Kantor Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis kategori cukup baik dengan total skor 2864 dengan persentase (62,40%) berada pada rentang 1530 - 3060. Adapun faktor pendukung dalam asas pelayanan publik pada Kantor Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis yaitu terdapatnya Transparansi dan adanya Kesamaan Hak (tidak diskriminatif) dalam penyelenggaran pelayanan. Sedangkan faktor penghambat adalah masih kurangnya pelaksanaan Kondisional dan Akuntabilitas dalam pemberian pelayanan publik.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-14

Terbitan

Bagian

Artikel