ANALISIS ASAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR LURAH TELUK BINJAI KECAMATAN DUMAI TIMUR KOTA DUMAI
DOI:
https://doi.org/10.36917/japabis.v4i1.38Kata Kunci:
Pelayanan Publik, OrganisasiAbstrak
Keberhasilan Kantor Lurah Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur dalam meningkatkan pelayanan tidak lepas dari su mber daya manusia yang dimiliki dalam meningkatkan keterampilan seperti keramahtamahan dan kelengkapan fasilitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Mahmudi (2015:224) tentang asas pelayanan publik, dengan indikator Transparasi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak dan Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai dan masyarakat Kelurahan Teluk Binjai dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh untuk pegawai dan teknik incidental sampling untuk masyarakat. Jenis Data penelitian ini yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Teknik Pengumpulan Data yaitu Angket dan Wawancara. Dan teknik pengolahan data menggunakan pengukuran Rating Scale. Hasil penelitian menunjukkan kategori Baik. Menggunakan 6 indikator dan 18 sub indikator dengan responden sebanyak 75 orang responden berada pada rentang skor 2.700-4.050 dan total skor 3.103 dengan persentase 76,62%. Adapun Faktor Pendukung dalam penelitian ini yaitu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat berdasarkan legalitas/keabsahan sebagai bukti dari petugas yang berwenang dan Kesadaran pegawai untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Sedangkan faktor Penghambatnya yaitu masih kurangnya kemampuan organisasi dalam menyediakan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai dan kurangnya kesesuaian antara jadwal jam kerja pegawai yang ditetapkan dengan realisasi dilapangan.