IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PADA PELAYANAN PEMBUATAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA DUMAI

Penulis

  • L Wahyuni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai

DOI:

https://doi.org/10.36917/japabis.v4i1.34

Kata Kunci:

Implementasi Kebujakan,, Pelayanan, KIA

Abstrak

Melalui kebijakan KIA, Pemerintah Kota Dumai mengharapkan dengan  adanya program KIA ini mampu memberikan  kepastian  hukum  dan  jaminan atas pengakuan hak berikut dengan perlindungannya. Salah satu kebijakan pemerintah tentang kependudukan yaitu kebijakan KIA (Kartu Identitas Anak) yang diatur dalam PERMENDAGRI Nomor 2 Tahun 2016. Penelitian ini  dilakukan  pada  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai,  .  Penelitian  ini  fokus pada kebijakan program kartu identitas anak (KIA). Penelitian ini menggunakan jenis penelititan deskriptif dengan analisa kualitatif. Menurut Miles dan Huberman dalam Nugroho (2014:121) mengemukakan bahwa analisa data kualitatif terdiri dari tiga langkah, yaitu: Reduksi data, Penyajian  data, dan Penarikan   kesimpulan. Untuk membahas tentang Implementasi Kebijakan pada Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai, maka penulis menggunakan teori menurut Edward III dalam Widodo (2010:96) terdapat empat faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan implementasi kebijakan yaitu: 1) Komunikasi, 2) Sumberdaya, 3) Disposisi, dan 4) Struktur Birokrasi.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-14

Terbitan

Bagian

Artikel