Standar Pelayanan Puskesmas Selatpanjang Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti

  • dedy afrizal Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai
  • sofyan sofyan
  • Suherman Suherman Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai
  • latip latip Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai
Keywords: Pelayanan Publik

Abstract

Standar pelayanan publik sebagai pedoman yang harus ditaati pemberi dan atau penerima pelayanan agar pelayanan publik berjalan sesuai dengan yang diharapkan. UPT Puskesmas Selatpanjang Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan penyelenggara pelayanan publik khususnya pelayanan kesehatan masyarakat. Sudah selayaknya melaksanakan pedoman yang menjadi landasan dalam pelayanan. Tujuan penelitian untuk melihat pelaksanaan standar pelayanan yang dilakukan di Puskesmas. Teori yang digunakan menurut Mukarom (2015:85) standar pelayanan publik sekurang-kurangnya meliputi hal-hal berikut : prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana dan kompetensi petugas pemberi pelayanan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai dan masyarakat berjumlah 122 responden. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuesioner. Analisis data menggunakan rating scale. Hasil penelitian dikategorikan baik dengan jumlah skor 4.800 atau 72,86%. Faktor pendukung pelaksanaan standar pelayanan yaitu terdapatnya kejelasan tentang persyaratan pelayanan, petugas memberi pelayanan berdasarkan alur dan poli pelayanan yang dibutuhkan dan adanya kesesuaian diagnosa penyakit yang diinformasikan kepada masyarakat dengan obat yang diterima dalam pelayanan. Sedangkan faktor penghambat yaitu masih kurangnya kelengkapan ruang pelayanan yang dibutuhkan dan kesesuaian antara tarif/biaya pelayanan yang ditetapkan dengan realisasi

References

Afrizal, D, Effendi, N, & Handayani, P. (2019). Upaya Pemberian Pelayanan Publik di UPT Puskesmas Balai Makam Kabupaten Bengkalis. Jurnal NIARA, 12(1), 69–78. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/nia.v12i1.2331
Afrizal, D. (2018). Analisis Kinerja Birokrasi Publik pada Dinas Sosial Kota Dumai, 13(April), 53–62. https://doi.org/https://doi.org/10.31258/sorot.13.1.5655
Afrizal, D., & Sahuri, C. (2012). Analisis Manajemen Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Pembangunan, 1(1), 47–50.
Andriani, A. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Pada Poli Umum Dengan Minat Masyarakat Untuk Berobat Diwilayah Kerja Puskesmas Gulai Bancah Bukittinggi Tahun 2017. Afiyah, V(1), 8–12.
Arifin, M. Z., & Abidin, A. Z. (2019). Profesionalisme Dalam Meningkatkan Kinerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik ( Studi Kasus di Kantor Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ) ISSN 2302-8432, 13(2), 24–32. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/2111
Fatimah, S. Indrawati, F. (2019). Faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Higeia Journal Of Public Health Research And Development, 3(1), 121–131. https://doi.org/http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia
Hermawansyah. Amir, A. (2019). Identifikasi Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu Di Puskesmas: Studi Kualitatif Tentang Persepsi Masyarakat Di Batanghari. Seminar Nasional Keperawatan “Tren Perawatan Paliatif Sebagai Peluang Praktik Keperawatan Mandiri,” 2, 92–95.
Londo, J. P., Tucunan, A. A., & Maramis, F. R. (2019). Hubungan Antara Karakteristik Peserta BPJS Kesehatan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas Di Wilayah Kerja Puskesmas Tahuna Barat. KESMAS, 6(3), 1–7.
Rijal, F., Dangnga, M. S., Usman. (2019). Pengaruh Etika Dan Kinerja Tenaga Kesehatan Terhadap Pemberian Pelayanan Kesehatan Pasien Di Puskesmas Madising Na Mario Kota Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 2(1), 12–25. Retrieved from http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/makes
Sulistyorini, N., & Moediarso, B. (2012). Analisis biaya unit pelayanan otopsi dengan metode distribusi ganda. Jurnal Kedokteran Forensik Indonesia, 14(3), 65–72.
Suwuh, M. K., Maramis, F. R., & Wowor, R. E. (2018). Hubungan Antara Kualitas Jasa Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Walantakan Kecamatan Langowan Utara. KESMAS, 7(3).
Taekab, A. H., Suryawati, C., & Kusumastuti, W. (2019). Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas Dan Hubungannya Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 31–40.
Tawalujan, T. W., Korompis, G. E., & Maramis, F. R. (2019). Hubungan Antara Status Akreditasi Puskesmas Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Kota Manado. KESMAS, 7(5).
Yola, M., & Budianto, D. (2013). Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan harga produk pada supermarket dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri, 12(12), 301–309.
Published
2020-05-11
How to Cite
afrizal, dedy, sofyan, sofyan, Suherman, S., & latip, latip. (2020). Standar Pelayanan Puskesmas Selatpanjang Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 2(1), 15-18. https://doi.org/10.36917/japabis.v2i1.40