ANALISIS ASAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DESA SUNGAI CINGAM KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS

  • Evasari Evasari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
  • Sofyan Sofyan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
  • Dila Erlianti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
Keywords: Asas Pelayanan, Pelayanan Publik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asas pelayanan publik pada Kantor Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan asas pelayanan publik pada Kantor Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah asas pelayanan publik menurut Komarudin (2014:26) yaitu: Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh aparatur dan staff Kantor Desa Sungai Cingam dan masyarakat yang melakukan pengurusan. Penelitian ini mengunakan teknik pengambilan sampel sampling jenuh untuk aparatur berjumlah 19 orang dan sampling insidental untuk masyarakat berjumlah 66 orang dengan jumlah responden 85 orang. Sumber dan jenis data yaitu data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data mengunakan wawancara dan kuestioner, analisis data mengunakan statistik deskriptif dengan teknik pengukuran Rating Scale. Hasil penelitian asas pelayanan pubik pada Kantor Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis kategori cukup baik dengan total skor 2864 dengan persentase (62,40%) berada pada rentang 1530 - 3060. Adapun faktor pendukung dalam asas pelayanan publik pada Kantor Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis yaitu terdapatnya Transparansi dan adanya Kesamaan Hak (tidak diskriminatif) dalam penyelenggaran pelayanan. Sedangkan faktor penghambat adalah masih kurangnya pelaksanaan Kondisional dan Akuntabilitas dalam pemberian pelayanan publik.

References

Agung, Kurniawan, Transformasi Pelayanan Publik, Bantul, Yogyakarta, 2005.
Bambang, Manajemen Pemerintahan Dalam Perspektif Pelayanan Publik, Mita Wacana Media, Jakarta, 2012.
Hardiyansyah, Kualitas Pelayanan Publik, Gava Media, Bandung 2011.
Komarudin, Reformasi Birokrasi dan pelayanan Publik, Genesindo, April 2014.
Kasmir, Etika Customer Service, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2006.
Lukman, Sampara, Manajemen Kualitas Pelayanan, STIA LAN Press, Jakarta, 2008.
Moenir, Manajemen Pelayanan Umum Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta, 2006.
Pasolong, Metode Penelitian Administrasi Publik, Alfabeta Bandung, 2010.
Ratminto Dan Winarsih, Atik Septi, Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2005.
Sinambela, Lijan, Poltak, Reformasi Pelayanan Publik, Bumi Aksara, Jakarta, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, AlfaBeta, Bandung, 2016

Undang-Undang No. 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Jakarta : Sinar Grafika.
Undang-Undang RI No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.
Undang-undang No. 06 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Desa.
Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Desa.
Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis No. 07 Tahun 2008 Tentang Pemerintahan Desa.
Published
2022-08-22
How to Cite
Evasari, E., Sofyan, S., & Erlianti, D. (2022). ANALISIS ASAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DESA SUNGAI CINGAM KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 4(01), 37-47. Retrieved from https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/82