ANALISIS KINERJA OMBUDSMAN PROVINSI RIAU

Penulis

  • Jesika Puteri Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai
  • Nurmala Sari SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG kUNING DUMAI

DOI:

https://doi.org/10.36917/japabis.v5i1.81

Kata Kunci:

Analis, kinerja, organisasi, Ombudsman

Abstrak

Ombudsman merupakan suatu lembaga pengaduan masyarakat yang dibentuk guna mewujudkan “Good Governance” dan “Clean Government” pemerintah daerah dituntut untuk mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara efektif, efisien dan akuntabel. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kinerja Ombudsman Provinsi Riau dalam rangka penyelesaian laporan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Indikator yang digunakan untuk menilai kinerja dalam penelitian ini adalah produktivitas, kualitas pelayanan, daya tanggap, tanggung jawab, dan akuntabilitas. Selain itu juga dilihat dari pendukungnya faktor dan penghambat kinerja organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia di Provinsi Riau belum maksimal dikarenakan penyelesaian laporan yang belum dimiliki masyarakat belum mencapai target. Faktor yang menghambat kinerja adalah kurangnya kuantitas dan kualitas sumber daya manusia dalam menyelesaikan laporan, tidak adanya mekanisme sistem kerja, kurangnya fasilitas dan infrastruktur, keterbatasan anggaran, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang keberadaannya Ombudsman di Provinsi Riau, serta kepemimpinan dan tim penggerak Ombudsman pertunjukan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-30

Terbitan

Bagian

Artikel