ASAS- ASAS PELAYANAN PUBLIK PADA RUMAH TAHANAN NEGARA (RUTAN) KLAS IIB DUMAI

  • Doni Saputra Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
  • Nahar Effendi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
  • Dede Mirza Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
Keywords: Asas-Asas Pelayanan, Pelayanan Publik

Abstract

Dalam tugas pokok dan fungsi sistem pemasyarakatan juga mencangkup pelayanan terhadap tahanan, perawatan terhadap barang sitaaan, pengamanan, serta pembimbingan terhadap warga pemasyarakatan, kliens pemasyarakatan dan masyarakat yang ingin menerima pelayanan. Rumah Tahanan Negara ( Rutan ) Klas IIb Dumai  dituntut untuk dapat melakukan pelayanan yang terbaik dengan mengacu pada Undang-undang dan pada asas pelayanan publik. Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pelaksanaan asas pelayanan pada Rumah Tahanan Negara Klas IIb Dumai, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat asas pelayanan publik pada Rumah Tahanan Negara Klas IIb Dumai. Populasi dalam penelitian ini pegawai Rumah Tahanan Negara Klas IIb Dumai dan Masyarakat yang menerima pelayanan di rutan Klas IIb Dumai. Sebanyak 107 orang terdiri dari 80 orang masyarakat dan 27 orang pegawai di Rutan Dumai dengan menggunakan metode Acciendental Sampling dan dalam pengumpulan data penulis menggunakan dua cara yaitu ; 1) Observasi , 2) kuesioner ( angket ). Pelaksanan  penganalisaan data akan dilakukan secara statistik diskriptif yaitu mendiskripsikan data penelitian sesuai dengan indikator – indikator yang akan diteliti dengan menggunakan skala Rating Scale. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan yaitu 1) asas pelayanan publik pada Rumah Tahanan Negara ( Rutan ) Klas IIb Dumai  dapat dikategorikan cukup baik, dilihat dari enam indikator ternyata diperoleh rata-rata dari 107 responden penelitian dimana berada dalam kategori cukup baik dengan total skor 3302 (57,14%) dan 2)  faktor pendukung yaitu adanya transparansi terhadap pelayanan berupa aturan dan tata tertib pelayanan, adanya akuntabilitas dari pemberi pelayanan yang dapat dipertanggung jawabkan secara hukum. Sedangkan faktor penghambat yaitu masih kurangnya sarana dan prasarana dikantor Rumah Tahanan Negara Klas IIb Dumai sehingga mengakibatkan buruknya pelayanan yang ada di kantor tersebut dan masih terjadi perlakuan diskriminatif terhadap beberapa pengunjung atau penerima pelayanan dan kurang terwujudnya kritik dan saran dari penyamapai ataupun penerima pelayanan

References

C, Djisman Samosir, Panologi dan Pemasyarakatan, Nuansa Aulia, Bandung, 2016
Donni Juni Priasana, Manajemen Pelayanan Prima Fokus pada Organisasi Publik dan Peningkatan Kualitas Aparatur, Alfabeta, Bandung, 2017
Hardiansyah, Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media, Yogyakarta, 2018
Hayat, Manajemen Pelayanan Publik, PT Rajagrafindo Persada, Depok, 2017
Kepmenpan Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelayanan Publik
Keputusan Dirjen Pas Kemenkumham Republik Indonesia Nomor: PAS-416.PK.01.04.01.Tahun 2015 tentang Standar Pencegahan Gangguan Keamanan dan Ketertiban Lapas dan Rutan.
Keputusan Menteri Kehakiman RI No. M.04-PR.07.03 Tahun 1985 tentang fungsi-fungsi Rutan
Mahmudi, Manajemen Kinerja Sektor Publik, UPP STIM YKPN, Yogyakarta, 2015
Moenir, H.A.S, Manajemen Pelayanan Umum Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta, 2006
Nurmah Semil, Pelayanan Prima Instasi Pemerintah Kajian Kritis pada Sistem Pelayanan Publik di Indonesia, Prenadamedia Group, Surabaya, 2016
Pasolog, Harbani, Administrasi Publik, Alfabeta, Makasar, 2007
Peraturan Mentri Hukum dan Ham Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2015 tentang Pengamanan pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara
Ratminto & Atik Winarsih, Manajemen Pelayanan, Pustaka Rekayasa, Yogyakarta, 2006
Sinambela, L, Poltak dkk, Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan, dan Implementasi, Bumi Aksara, Jakarta, 2014
Sugiono, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung, 2006
Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan
Undang-Undang nomor 32 Tahun 1999 tentang Hak-Hak Warga Binaan
Published
2022-08-22
How to Cite
Saputra, D., Effendi, N., & Mirza, D. (2022). ASAS- ASAS PELAYANAN PUBLIK PADA RUMAH TAHANAN NEGARA (RUTAN) KLAS IIB DUMAI. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 4(01), 25-36. Retrieved from https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/81