ANALISIS ASAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR LURAH TELUK BINJAI KECAMATAN DUMAI TIMUR KOTA DUMAI

  • anisa sepriani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
  • Dila Erlianti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
  • Dewi Jannah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
Keywords: Pelayanan Publik, Organisasi,

Abstract

Keberhasilan Kantor Lurah Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur dalam meningkatkan pelayanan tidak lepas dari su mber daya manusia yang dimiliki dalam meningkatkan keterampilan seperti keramahtamahan dan kelengkapan fasilitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Mahmudi (2015:224) tentang asas pelayanan publik, dengan indikator Transparasi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak dan Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai dan masyarakat Kelurahan Teluk Binjai  dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh untuk pegawai dan teknik incidental sampling untuk masyarakat. Jenis Data penelitian ini yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Teknik Pengumpulan Data yaitu Angket dan Wawancara. Dan teknik pengolahan data menggunakan pengukuran Rating Scale. Hasil penelitian menunjukkan kategori Baik. Menggunakan 6 indikator dan 18 sub indikator dengan responden sebanyak 75 orang responden berada pada rentang skor 2.700-4.050 dan total skor 3.103 dengan persentase 76,62%. Adapun Faktor Pendukung dalam penelitian ini yaitu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat berdasarkan legalitas/keabsahan sebagai bukti dari petugas yang berwenang dan Kesadaran pegawai untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Sedangkan faktor Penghambatnya yaitu masih kurangnya kemampuan organisasi dalam menyediakan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai dan kurangnya kesesuaian antara jadwal jam kerja pegawai yang ditetapkan dengan realisasi dilapangan.

References

Hardiansyah. Kualitas Pelayanan Publik Konsep Dimensi Indikator dan Implementasinya, Gava Media, Yogyakarta, 2011.
Sinambela, Lijan Poltak, Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan, dan Implementasi, Bumi Aksara, Jakarta, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2012.

UNDANG-UNDANG DAN PERATURAN
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.
Surat Edaran Gubernur Riau Nomor 800/BKD-khk/28.04 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Hari Jam Kerja Dilingkungan Pemerintahan Provinsi Riau
Peraturan Daerah Kota Dumai Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Dumai.
Peraturan Walikota Kota Dumai Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Kepedudukan Susunan Organisasi Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan
Published
2022-08-22
How to Cite
sepriani, anisa, Erlianti, D., & Jannah, D. (2022). ANALISIS ASAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR LURAH TELUK BINJAI KECAMATAN DUMAI TIMUR KOTA DUMAI . Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 4(01), 20-24. Retrieved from https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/80