ANALISIS FUNGSI KEPEMIMPINAN KEPALA DESA PUTERI SEMBILAN KECAMATAN RUPAT UTARA KABUPATEN BENGKALIS

  • abdul rais Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
  • Fara Shaliza Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
  • Nahar Effendi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
Keywords: Pelayanan Publik, Kepemimpinan, Fungsi Kepeminpinan

Abstract

Pemerintah Desa dilihat dari sistem pemerintahan Indonesia merupakan ujung tombak dari pemerintahan daerah yang langsung berhadapan dengan masyarakat luas. Namun dari hasil pengamatan penulis terlihat bahwa fungsi kepemimpinan Kepala Desa Puteri Sembilan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan cenderung belum begitu baik, karena kurangnya fungsi Kepala Desa dalam mengajak masyarakat untuk berpartisipasi masih terbilang sangat rendah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menurut pendapat Pasolong (2013:30-31) ada empat indikator yaitu : Fungsi Perintah, Fungsi Konsultatif, FungsiPartisipatif, Fungsi Delegasi. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Aparatur Desa dan masyarakat dengan jumlah sampel 68 orang.Teknik pengambilan sampel untuk perangkat desa menggunakan Sensus Sampling atau Sampling Jenuh sedangkan untuk masyarakat Desa menggunakan Teknik Purposive. Hasil Penelitian tentang Fungsi Kepemimpinan Kepala Desa Puteri Sembilan Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis dikategorikan Baik dengan total skor 1746 (71.32%). Dalam penelitian ini yang menjadi Faktor Pendukung Adanya Fungsi Perintah dari Kepala Desa Puteri Sembilan dan Adanya Fungsi Partisifatif dari Kepala Desa Puteri Sembilan Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis sedangkan yang menjadi faktor Penghambat  Masih lemahnya Fungsi Konsultatif dari Kepala Desa Puteri Sembilan dan Masih lemahnya Fungsi Delegasi Kepala Desa Puteri Sembilan Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis.

References

Pasolong. 2010. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta
Pasolong. 2013. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung:Alfabeta
Siagian, P. Sondang. 2010. Teori Dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Reneka Cipta.
Sinambela. 2006.Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
PeraturanPerundang-Undangan
Peraturan Bupati Bengkalis Nomor 11 Tahun 2017 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa dan Perangkat Desa dalam Kabupaten Bengkalis.
Peraturan Perundang Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.
Undang-undang Nomor 06 Tahun 2014 Tentang Desa.
Published
2022-08-22
How to Cite
rais, abdul, Shaliza, F., & Effendi, N. (2022). ANALISIS FUNGSI KEPEMIMPINAN KEPALA DESA PUTERI SEMBILAN KECAMATAN RUPAT UTARA KABUPATEN BENGKALIS . Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 4(01), 6-11. Retrieved from https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/78