PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM UPAYA MELAYANI MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA DUMAI

  • erinaldi ernaldi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
  • lilis wahyuni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
Keywords: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan

Abstract

Administrasi kependudukan merupakan salah satu bentuk pelayanan negara untuk masyarakat yang berkaitan tentang rangkaian kegiatan penataan, penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, serta pengelolaan informasi penduduk. penulis menggunakan teori menurut Gespersz dalam Hardiansyah (2011) yang menyatakan bahwa Peningkatan kualitas pelayanan terdiri dari Ketepatan Waktu Pelayanan, Akurasi pelayanan, Kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan, Tanggung Jawab, Kelengkapan, Kemudahan dalam mendapatkan Pelayanan, Variasi Model Pelayanan, Pelayanan Pribadi, Kenyamanan dalam memperoleh pelayanan dan Atribut. Penulis pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai. Proses dalam pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Kemudian data dan informasi yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisis data yang dikemukakan oleh model Miles and Huberman dalam Marlinda (2018:24) yaitu meliputi Data Reduction, Data Display dan Conclusion drawing/Verification.

References

Hardiansyah. Kualitas Pelayanan Publik Konsep Dimensi Indikator dan Implementasinya, Gava Media, Yogyakarta, 2011.
Sinambela, Lijan Poltak, Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan, dan Implementasi, Bumi Aksara, Jakarta, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2012.

UNDANG-UNDANG DAN PERATURAN
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.
Surat Edaran Gubernur Riau Nomor 800/BKD-khk/28.04 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Hari Jam Kerja Dilingkungan Pemerintahan Provinsi Riau
Peraturan Daerah Kota Dumai Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Dumai.
Peraturan Walikota Kota Dumai Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Kepedudukan Susunan Organisasi Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan
Published
2022-08-22
How to Cite
ernaldi, erinaldi, & wahyuni, lilis. (2022). PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM UPAYA MELAYANI MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA DUMAI. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 4(01), 1-5. Retrieved from https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/77