Analisis Kinerja Organisasi Pada Upt Puskesmas Dumai Barat Kota Dumai

Penulis

  • yuni kartika SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING
  • Encik Maznah Hijeriah SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING

DOI:

https://doi.org/10.36917/japabis.v3i1.41

Kata Kunci:

Kinerja, Organisasi

Abstrak

Kinerja organisasi adalah gambaran mengenai tingkat pencapain pelaksanaan tugas dalam suatu organisasi, dalam upaya mewujudkan sasaran, tujuan, misi dan visi. kinerja organisasi merupakan tolak ukur keberhasilan organisasi yang tak terlepas dari hasil capaian kinerja organisasi sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Begitu pula untuk mengetahui kinerja organisasi pada UPT Puskesmas Dumai Barat Kota Dumai dapat dilihat dari sejauh mana UPT Puskesmas Dumai Barat Kota Dumai melaksanakan tugas dan fungsinya.

             Berdasarkan observasi yang penulis lakukan pada UPT Puskesmas Dumai Barat Kota Dumai, menemukan beberapa gejala masalah sebagai berikut: (1) belum sepenuhnya tercapai sasaran kegiatan pembinaan PHBS di sekolah pada Program Promosi Kesehatan (2) belum tercapainya sasaran kegiatan Inspeksi  tempat-tempat umum  (TTU) pada Program Kesehatan Lingkungan. Rumusan pokok dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana Kinerja Organisasi pada UPT Puskesmas Dumai Barat Kota Dumai?. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui kinerja organisasi pada UPT Puskesmas Dumai Barat Kota Dumai dan untuk mengetahui  faktor pendukung dan faktor penghambat kinerja organisasi pada UPT Puskesmas Dumai Barat Kota Dumai.

                Hasil analisa kinerja organisasi pada UPT Puskesmas Dumai Barat Kota Dumai dapat dikategorikan Baik. Kenyataan ini terbukti dari 88 responden menjawab Baik dengan jumlah skor 3032 (76,56%). Adapun faktor pendukung dalam penelitian ini antara lain: terdapatnya responsibilitas dan akuntabilitas dalam kinerja organisasi pada UPT Puskesmas Dumai Barat Kota Dumai, sedangkan faktor penghambat yaitu masih kurangnya responsivitas dan produktivitas dalam kinerja organisasi pada UPT Puskesmas Dumai Barat Kota Dumai

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-15

Terbitan

Bagian

Artikel