Analisis Kinerja Karyawan Pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Dumai

Penulis

  • Nurlela Sari SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING
  • Variza Aditiya SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING
  • Wihendri SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING

DOI:

https://doi.org/10.36917/japabis.v3i1.36

Kata Kunci:

Effectiveness, Efficiency, Adequacy, Equity, Responsiveness, Accuracy

Abstrak

PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Dumai memiliki salah satu kegiatan pokok perusahaan yaitu memindahkan resiko individu kepada perusahaan asuransi yang bersangkutan. Namun dalam penelitian penulis masih menemukan gejala masalah yaitu: (1) Masih ditemukan pencapaian hasil kerja karyawan yang belum sesuai target yang telah ditentukan oleh PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Dumai. (2) Masih ditemukan tingkat pendidikan karyawan yang belum sesuai dengan bidang kerja pada PT Asuransi Umum Bumiputera muda 1967 Cabang Dumai. Adapun Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Kinerja Karyawan Pada PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Dumai. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat Kinerja Karyawan Pada PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Dumai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Menurut Bernandin dan Russell dikutip Gomes dalam Riani (2018:99) Ukuran-ukuran dari kinerja karyawan adalah Quantity Of Work (kuantitas Kerja), Quality Of Work (Kualitas Kerja), Job Knowledge (Pengetahuan Kerja), Creativeness (Kreativitas), Coorporation (Kerja Sama), Depandability (Ketergantungan), Initiative (Inisiatif), dan Personal Qualities (Kualitas Personal). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Asuransi Umum Bumi Putera Muda 1967 Cabang Dumai. Dengan metode pengambilan sampel  menggunakan Sampling Jenuh (Sensus) sehingga seluruh karyawan dijadikan sampel. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuesioner dan wawancara. Analisa data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik pengukuran menggunakan Rating Scale. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 45 responden untuk 8 indikator diperoleh total skor 3.134 dengan persentase (96,72%) berada pada kategori Baik, karena berada di antara interval 2.160-3.240. Adapaun Faktor pendukung Kinerja Karyawan Pada PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Dumai, yaitu: Adanya pengetahuan kerja Karyawan dan Adanya kualitas kerja Karyawan. Sedangkan faktor penghambat Kinerja Karyawan Pada PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Dumai yaitu: Masih kurang kerja sama dan Masih kurang kualitas personal karyawan.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-15

Terbitan

Bagian

Artikel