ANALISIS ASAS PELAYANAN PUBLIK PADA PUSKESMAS SUNGAI SEMBILAN KOTA DUMAI

Penulis

  • Asiah Fitri Madhani SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING
  • Dede Mirza SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING
  • Latip SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING DUMAI

DOI:

https://doi.org/10.36917/japabis.v3i1.31

Kata Kunci:

Asas Pelayanan Publik, Puskesmas, Pemerintah

Abstrak

Puskesmas merupakan unit pelaksanaan teknis yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mencapai derajat kesehatan yang optimal tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan. Puskesmas Sungai Sembilan merupakan Unit Pelayanan Kesehatan yang bertugas menyelenggarakan pelayanan dimasyarakat di bidang kesehatan. Namun berdasarkan penelitian yang penulis lakukan masih ditemukan beberapa gejala masalah yaitu waktu pelayanan belum sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dan masih kurangnya sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas Sungai Sembilan Kota Dumai.Berdasarkan gejala masalah tersebut dapat ditarik rumusan masalah yaitu Bagaimana Asas Pelayanan Publik pada Puskesmas Sungai Sembilan Kota Dumai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Asas Pelayanan Publik pada Puskesmas Sungai Sembilan Kota Dumai, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Asas Pelayanan Publik pada Puskesmas Sungai Sembilan Kota Dumai.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komarudin (2014:26) tentang asas pelayanan publik dengan indikator Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah pegawai dan masyarakat dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sensus sampling untuk pegawai dan teknik incidental sampling untuk masyarakat. Jenis data penelitian yaitu angket dan wawancara dan teknik pengolahan data menggunakan pengukuran Rating Scale.

Hasil penelitian menunjukkan kategori baik. Menggunakan 6 indikator dan 18 sub indikator dengan responden sebanyak 156 orang responden. Dan total skor 6.158 berada pada rentang skor 5.616 – 8.424 dengan persentase 73,10%. Adapun faktor pendukung dalam penelitian ini adalah adanya transparansi dalam pelaksanaan pelayanan publik pada Puskesmas Sungai Sembilan Kota Dumai dan Keseimbangan Hak dan Kewajiban pada Puskesmas Sungai Sembilan Kota Dumai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih kurangnya kemampuan organisasi dalam menyediakan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai dan kurangnya kesesuaian antara waktu pelayanan yang ditetapkan dengan realisasi dilapangan..

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-15

Terbitan

Bagian

Artikel