Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Unit Regident Sat Lantas Polres Dumai
DOI:
https://doi.org/10.36917/japabis.v1i2.13Kata Kunci:
Pelayanan, Kinerja Pelayanan, Persepsi MasyarakatAbstrak
Salah satu tugas penting instansi pemerintah adalah melakukan pelayanan publik. Termasuk juga Unit Regident Sat Lantas Polres Dumai yang bertanggung jawab memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan penerbitan beberapa surat berkendara seperti SIM, STNK, BPKB dan TNKB. Dalam pelaksanaannya, pelayanan ini banyak mendapatkan respon masyarakat terutama dalam pengurusan yang dianggap terlalu rumit. Untuk itu penelitian ini berusaha untuk memaparkan persepsi masyarakat tentang: Kinerja Pelayanan Unit Regident Satlantas Polres Dumai. Adapun teori yang dgunakan adalah pendapat Zeithaml dan Berry dalam Sudarmanto (2010:103) yang menjelaskan ada 10 indikator yang dapat digunakan untuk mengukurkinerja pelayanan yaitu a) Kehandalan; b) Daya tanggap; c) Kompetensi; d) Akses; e) Kesopanan; f) Komunikasi; g) Kejujuran; h) Keamanan; i) Pengetahuan; j) Bukti langsung. Teknik pengumpulan data adalah observasi, angket dan wawancara. Sampel yang digunakan sebanyak 57 orang dengan teknik incidental sampling. Analisa data menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh tanggapan responden tentang Kinerja Pelayanan Unit Regident dinyatakan Baik dengan skor yang didapat sebesar 10544 yang berada pada rentang Baik yaitu 8916-11013
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis (JaPaBis)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.