Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Pengurusan Buku Pelaut Pada Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai

Penulis

  • Arfadila Melani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
  • Dila Erlianti STIA Lancang Kuning Dumai
  • Lilis Wahyuni STIA Lancang Kuning Dumai

DOI:

https://doi.org/10.36917/japabis.v5i2.100

Kata Kunci:

Pelayanan , Kualitas Pelayanan , Buku Pelaut , pelabuhan, otoritas

Abstrak

Keberhasilan pelayanan di suatu organisasi dalam mencapai tujuannya dapat dilihat dari kualitas pelayanan yang diberikan. Kualitas pelayanan merupakan tindakan seseorang atau organisasi yang bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada penerima layanan. Melalui observasi yang dilakukan, penulis menemukan beberapa gejala masalah yaitu : 1) Masih kurangnya respon pegawai dalam memberikan tanggapan saat proses pelayanan kepada pengguna jasa dalam pengurusan buku pelaut pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kelas I Dumai, 2) Masih kurangnya fasilitas dan akses rumah sakit yang disediakan dalam pengurusan buku pelaut pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai. Berdasarkan dari gejala permasalahan,maka dapat dirumuskan bahwa permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu  Bagaimana  Kualitas  Pelayanan  Dalam  Pengurusan  Buku  Pelaut Pada Kantor  Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai?Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dalam pengurusan      buku pelaut pada Kantor  Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai. Teori yang digunakan adalah teori menurut Zeithaml-Parasuraman-Berry yaitu tangible (berwujud), reliability (kehandalan), responsiveness (respon/tanggap), assurance (jaminan) dan emphaty (empati). Populasi pada penelitian ini adalah pengguna jasa dan pegawai pada  Kantor  Kesyahbandaran  dan  Otoritas Pelabuhan  Kelas I  Dumai. Untuk teknik pengambilan sampel pegawai menggunakan metode sensus sampling dan purposive sampling sedangkan untuk pengguna jasa menggunakan accidental sampling. Jenis data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara. Sedangkan analisa data  dilakukan  dengan  analisis  statistik  deskriptif.  Teknik  pengukuran rating scale. Hasil penelitian pada analisis kualitas pelayanan dalam pengurusan buku pelaut pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai dapat dikategorikan Baik dengan jumlah skor sebanyak 4020 dan memiliki frekuensi sebesar 56%.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Terbitan

Bagian

Artikel