Inovasi Kebijakan Tapping-Box Dalam Meningkatkan Pendapatan Pajak Hotel Di Kota Pekanbaru

  • Aisyah Nurterra Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas IlmuSosial dan Ilmu Politik Universitas Riau
  • Mayarni Mayarni Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau
Keywords: Inovasi Kebijakan, Tapping-box, Pajak Hotel

Abstract

Pada tahun 2017 BAPENDA Kota Pekanbaru mengalami kebocoran pendapatan pajak hotel sebesar 66% atau setara dengan Rp60.058.689.281. Kemudian pada tahun 2018, BAPENDA Kota Pekanbaru mengimplementasikan instruksi KEMENDAGRI dan imbauan KORSUPGAH-KPK untuk melakukan pemasangan dan menggunakan tapping-box sebagai alat perekamtransaksi keuangan beserta pajak pada mesin kasir objek Wajib Pajak. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya terdapat permasalahan yang menjadi factor penghambat keberhasilan inovasi kebijakant apping-box dalam meningkatkan pendapatan pajak hotel, yaitu masih banyaknya Wajib Pajak yang belum memiliki tapping-box dan tergantungnya pada keamanan jalur jaringan LAN Internal Wajib Pajak dan jaringan GSM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi kebijakan tapping-box dalam meningkatkan pendapatan pajak hotel di Kota Pekanbaru dan factor penghambat dari inovasi kebijakan tapping-box dalam meningkatkan pendapatan pajak hotel di Kota Pekanbaru. Konsepteori yang digunakan pada penelitian ini adalah konsep inovasi kebijakan dari Freddy Navaro Marinez 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan inovasi kebijakan tapping-box dalam meningkatkan pendapatan pajak hotel di Kota Pekanbaru masih belum maksimal dikarenakan terkendala dengan keterbatasan jumlah tapping-box yang ada.

References

Indonesia, B. (2020, September). Statistik Ekonomi dan Keuangan Daerah (SEKDA). Retrieved from Bank Indonesia: https://www.bi.go.id/id/statistik/sekda/Default.aspx
. H., Akib, H., & . H. (2016). Implementasi Kebijakan Program Makassar Tidak Rantasa (Mtr) Di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 6(2), 21. https://doi.org/10.26858/jiap.v6i2.2477
Agustino, L. (2016). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Alfabeta.
Ann Seidman, Robert Seidman, N. A. (2003). Assessing Legislation: A Manual For Legislators.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Deby, L., Putri, M., & Mutiarin, D. (2018). Efektifitas inovasi kebijakan publik; Pengaruhnya pada kualitas pelayanan publik di Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTMA, 1–16.
Iskandar, J. (2016). Kapita Selekta Teori Administrasi Negara. Puspaga.
Marinez, F. N. (2016). From Government Innovation to Public Innovation. The ICT as Key Tools, International Journal of New Technology and Research (IJNTR), 2, 4–7.
Setijaningrum, E. (2017). Inovasi Kebijakan dan Pelayanan Publik Best Practice di Indonesia. Airlangga University Press, 1–147.
Sururi, A. (2016). Inovasi Kebijakan Publik (Tinjauan Konseptual dan Empiris). Jurnal Sawala, 1–14.
Sururi, A. (2017). Inovasi Kebijakan dalam Perspektif Administrasi Publik Menuju Terwujudnya Good Public Policy Governance. Spirit Publik: Jurnal Administrasi Publik, 12(2), 14. https://doi.org/10.20961/sp.v12i2.16236
Widodo, J. (2021). Analisis Kebijaksanaan: Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Media Nusa Creative.
Published
2021-08-31
How to Cite
Nurterra, A., & Mayarni, M. (2021). Inovasi Kebijakan Tapping-Box Dalam Meningkatkan Pendapatan Pajak Hotel Di Kota Pekanbaru. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 2(2), 10-17. Retrieved from http://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/51