Peningkatan Kualitas Pelayanan Kepolisian Dalam Upaya Menangani Pengaduan Masyarakat Pada Kantor POLSEK Lima Puluh Kota Pekanbaru

  • Pebriana Marlinda Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning
  • Rini Angraini Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning
  • Hernimawati Hernimawati Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning
Keywords: Pelayanan Publik, Kualitas pelayanan

Abstract

Polsek Limapuluh merupakan salah satu Polsek Urban (  perkotaan ) yang berada di tengah kota Pekanbaru dan tak luput dari tindak kejahatan di lingkungan masyarakat dan menaungi 2 (Dua kecamatan) yaitu Kecamatan Limapuluh dan Sail.Untuk menangani hal tersebut Polsek Limapuluh berusaha dengan meningkatkan kualitas pelayanannya dalam menganangani pengaduan masyarakat yang ditujukan untuk mewujudkan keamanan masyarakat yang maksimal dan baik. Teori yang digunakan yaitu teori Gesperz dalam Hardiansyah ( 2011 : 51 ) Yaitu : ketepatan waktu pelayanan, Akurasi pelayanan, kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan, Tanggung Jawab, kelengkapan, kemudahan, Variasi model Pelayanan, Pelayanan Pribadi kenyamanan dan  Atribut.Peningkatan Kualitas Pelayanan Kepolisian Dalam Upaya Menangani Pengaduan Masyarakat Pada Kantor Polsek Limapuluh Pekanbaru dari indikator yang ada bahwa sudah berjalan baik namun, masih ada beberapa indikator yang belum sepenuhnya berjalan maksimal seperti masih adanya sumber daya yang belum cukup berkompeten dalam menguasai bidangnya ( sentral pelayanan ) serta menguasai alat komputer sehingga masih ditemukan kesalahan atau kurang  cermat dalam pembuatan laporan.masih terdapat sarana prasarana yang belum sepenuhnya terpenuhi pada polsek Limapuluh.yang diharapkan kedepannya lebih baik lagi.

References

Buku
Gunawan Imam, 2016, Metode Penelitian Kualitatif teori&praktik,Jakara Bumi Aksara.
Hardiansyah, 2011, Kualitas Pelayanan Publik, Buku Pertama, Penerbit Gaya Media, Yogyakarta.
Marzali,Amri, 2012, Antropologi dan Kebijakan Publik, Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Pebriana Marlinda, 2018, Buku Monograf : Analisis Perencanaan, Pekanbaru: Unilak Press.
Artikel Jurnal
Mirnasari, Rina Mei. 2013. Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya Bungurasih. Universitas Airlangga. Volume 1. journal .unair .ac.id
Published
2021-08-31
How to Cite
Marlinda, P., Angraini, R., & Hernimawati, H. (2021). Peningkatan Kualitas Pelayanan Kepolisian Dalam Upaya Menangani Pengaduan Masyarakat Pada Kantor POLSEK Lima Puluh Kota Pekanbaru. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 2(2), 18-22. Retrieved from http://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/50