ANALISIS STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR CAMAT DUMAI BARAT KOTA DUMAI

Penulis

  • Refdi SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING
  • Fitra Hadi Khaz SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI
  • Erinaldi SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING
  • Wafa Adila SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING

DOI:

https://doi.org/10.36917/japabis.v4i2.50

Kata Kunci:

Pelayanan Publik, Kantor Camat, Analisis pelayanan

Abstrak

Pelayanan publik merupakan hasil dari penyelenggaraan organisasi. Insatansi pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan publik diantaranya adalah Kantor Camat Dumai Barat Kota Dumai. Namun berdasarkan pengamatan penulis, ditemukannya masalah pada waktu pelayanan yang belum sesuai aturan yang t diterapkan dan masih kurangnya ketepatan waktu dalam penyelesaian pelayanan yang menjadi kebijakan dalam pengurusan suatu produk yang diinginkan. Serta masih ditemukan sarana dan prasarana yang belum mendukung dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Berdasarkan gejala masalah tersebut dapat ditarik rumusan masalah yaitu bagaimana standar pelayanan publik pada Kantor Camat Dumai Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui standar pelayanan publik, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan standar pelayanan publik pada Kantor Camat Dumai Barat Kota Dumai. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang mendeskripsikan tentang pelaksanaan standar pelayanan publik dengan telaah kajian berdasarkan teori sebagai acuan pokok.  Riset ini menggunakan teori Mukarom, pelayanan publik terdiri dari aspek alur pelayanan, rentang waktu penyelesaian, biaya, produk pelayanan,  sarana-prasarana, dan kapabilitas petugas (kompetensi), (Mukarom & Laksana, 2015).

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-12

Terbitan

Bagian

Artikel