ANALISIS PRINSIP PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN SUKAJADI KECAMATAN DUMAI KOTA KOTA DUMAI

Penulis

  • Andi Nur Hanisa SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING
  • Hildawati SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING DUMAI

DOI:

https://doi.org/10.36917/japabis.v3i2.44

Kata Kunci:

Prinsip Pelayanan Publik

Abstrak

Pelayanan publik merupakan segala kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar sesuai dengan hak-hak dasar setiap warga negara atau penduduk atas suatu barang, jasa dan pelayanan yang terkait dengan kepentingan publik. Kelurahan Sukajadi merupakan salah satu instansi pemerintah yang melayani masyarakat dalam melakukan pengurusan administrasi. Dalam melakukan pelayanan aparatur pemerintah harus melayani masyarakat dengan baik, ramah dan sopan, sehingga masyarakat dapat merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan. Namun dari penelitian yang penulis temukan ada beberapa gejala masalah yaitu ketidaksesuaian dari segi waktu pengurusan pelayanan dan masih ditemukan jam kerja pegawai yang tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan, sehingga masyarakat harus menuggu lama untuk mendapatkan pelayanan.

Berdasarkan gejala masalah di atas, dapat rumusan masalah yaitu Bagaimana Prinsip Pelayanan Publik Pada Kantor Lurah Sukajadi Kecamatan Dumai Kota Kota Dumai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Prinsip Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Sukajadi Kecamatan Dumai Kota Kota Dumai, untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Prinsip Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Sukajadi Kecamatan Dumai Kota Kota Dumai.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komarudin (2014:28-29) Prinsip Pelayanan Publik, dengan 10 indikator yaitu: Kesederhanaan, Kejelasan, Kepastian Waktu, Akurasi, Keamanan, Tanggung Jawab, Kelengkapan Sarana dan Prasarana, Kemudahan Akses, Kedisiplinan, Kesopanan, dan Keramahan, Kenyamanan. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai dan masyarakat Kelurahan Sukajadi dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh untuk pegawai dan teknik accidental sampling untuk masyarakat. Jenis data penelitian ini yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Teknik Pengumpulan Data yaitu Angket dan Wawancara. Dan Teknik Pengolahan Data menggunakan Rating scale.

Hasil penelitian menunjukkan kategori Baik. Menggunakan 10 indikator dan 30 sub indikator dengan responden sebanyak 51 orang diperoleh total skor 3.195 (69,61%). Adapun Faktor Pendukung dalam penelitian ini yaitu Terdapatnya Keamanan dan Terdapatnya Akurasi dalam pelaksanaan pelayanan. Sedangkan Faktor Penghambat yaitu masih kurangnya Kedisiplinan, Kesopanan, Keramahan dan Masih Kurangnya Kejelasan dalam pelaksanaan prinsip pelayanan publik.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-03

Terbitan

Bagian

Artikel