Strategi Menangkap Peluang Di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Persfektif Manajemen Bisnis (Optimalisasi Potensi Ukm Di Kelurahan Bumi Ayu Melalui Digital)

Penulis

  • Hildawati Hildawati SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING
  • Ria Anggraini Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi lancang Kuning
  • Novita Novita Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi lancang Kuning
  • Tarmiji Tarmiji Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi lancang Kuning
  • Muhammad Soseno Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi lancang Kuning

Kata Kunci:

Pendampingan, Manajemen, Pemasaran, UPPKA, Covid-19

Abstrak

Persaingan usaha yang semakin ketat di era globalisasi harus di hadapi oleh para pelaku bisnis dengan menerapkan langkah-langkah strategis untuk kelangsungan bisnisnya. Munculnya pandemi COVID-19 yang menyerang hampir di seluruh belahan dunia mengakibatkan sendi-sendi kehidupan seperti pendidikan dan juga perekonomian mengalami kelumpuhan yang mengakibatkan sekolah dan perusahaan mengganti aktivitasnya dengan melakukan daring, bahkan tidak sedikit perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung sekarang ini membuat dampak yang beragam, merebaknya virus ini cukup mengkhawatirkan kesehatan bagi masyarakat dan juga bagi perekonomian bangsa seperti perusahan dan sektor ekonomi yang ada di Indonesia dan tidak sedikit sektor yang mendapatkan dampak ini karena tidak adanya pemasukan. Para pengusaha masih berusaha untuk mencari cara untuk mengelola bisnis yang tepat dikala pandemi COVID-19 melanda.

 

Para pelaku bisnis akan mencari cara terbaik untuk tetap bertahan sembari menunggu Pandemi COVID-19 ini segera berakhir di tengah ketidakpastian ini. Dunia bisnis di era globalisasi ini pemasaran produk baik barang maupun jasa dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Media sosial merupakan produk dari teknologi informasi memberikan manfaat optimal bagi pelaku usaha. Dengan media sosial pelaku usaha dapat memaparkan spesifikasi produk, kualitas, dan harga sehingga konsumen bebas untuk memilih barang yang dibutuhkan sesuai dengan yang di inginkan. Kondisi ini mengharuskan pelaku bisnis, termasuk dalam hal ini adalah UKM untuk dapat beradaptasi dengan perubahan teknologi salah satunya melalui peningkatan penggunaan digital marketing dalam aktifitas bisnis

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-01

Terbitan

Bagian

Artikel