Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis <p><strong>Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis (JAPaBis)</strong> merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIA Lancang Kuning Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis (JAPaBis) mewadahi publikasi hasil kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh Dosen-dosen program studi Ilmu Administrasi Publik dan Bisnis atau peneliti yang bidangnya sesuai dengan scope ilmu administrasi sebagai bentuk manifestasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis (JAPaBis) merupakan jurnal elektronik yang dikelola secara profesional dengan menggunakan Open Jurnal System, diterbitkan 2 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret dan September</p> <p>Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis (JAPaBis) No. ISSN:<a title="issn online" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1547119850" target="_blank" rel="noopener"> 2656-6095</a></p> id-ID Sat, 30 Mar 2024 13:51:53 +0800 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Securing the North Natuna Sea: Indonesia's Defense Diplomacy Strategy https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/129 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini mendalami Evolusi Strategi Diplomasi Pertahanan Indonesia di Laut Natuna Utara dengan menggunakan Institusionalisme Historis untuk menganalisis lintasan sejarah. Kajian ini juga menggunakan Perspektif Neorealis untuk menilai Keadaan Kerja Sama dan Aliansi Pertahanan Saat Ini di kawasan, dan menyoroti dinamika geopolitik. Perspektif Positivis Hukum mengevaluasi Kepatuhan terhadap Hukum Maritim Internasional dan Diplomasi Pertahanan. Selain itu, Diplomasi Budaya, Soft Power, dan pengaruhnya terhadap Diplomasi Pertahanan Indonesia di Laut Natuna Utara juga dikaji, dengan menekankan implikasi terhadap Persepsi dan Dukungan. Metode penelitian kualitatif, termasuk analisis dokumen dan wawancara ahli, memandu penyelidikan. Temuan-temuan tersebut mengungkap adanya perkembangan sejarah yang beragam, dinamika kekuasaan realis, kerangka hukum, dan peran penting diplomasi budaya. Penelitian ini menggarisbawahi perlunya strategi diplomasi pertahanan yang komprehensif dan adaptif untuk mengamankan Laut Natuna Utara.</p> <p>Kata Kunci: diplomasi pertahanan, hukum maritim internasional, Laut Natuna Utara, soft power</p> Aris Sarjito Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/129 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0800 Analisis Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/117 <p>Disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam konteks penelitian ini merujuk pada kemampuan pegawai Kantor Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon untuk mematuhi kewajiban dan menghindari larangan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Kewajiban tersebut meliputi aspek masuk kerja dan mentaati aturan jam kerja, mencapai target kerja sesuai yang telah ditetapkan, dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan Standar Pelayanan yang berlaku. Larangan yang berlaku mencakup aspek menerima pemberian atau hadiah dari berbagai pihak yang dapat berhubungan dengan pekerjaan atau jabatan, serta mengekang atau menghalangi pihak yang dilayani sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi pihak yang bersangkutan. Selanjutnya, hukuman disiplin melibatkan penentuan tingkat dan jenis hukuman disiplin yang sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan oleh pegawai.</p> Ahmad Rosandi Sakir Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/117 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0800 Pengaruh Komitmen Afektif Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Pekerja Milenial Di Indonesia https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/107 <p>Organizational Citizenship Behavior (OCB) berperan penting dalam meningkatkan efektifitas organisasi yang mempekerjakan pekerja milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen afektif terhadap aspek-aspek organizational citizenship behavior seperti altruism, conscientiousness, sportsmanship, courtesy dan civic virtue. Responden ialah 100 pekerja milenial di Indonesia yang diambil secara convenience sampling. Metode dalam menganalisis data dilakukan dengan PLS SEM. Hasil penelitian menemukan bahwa komitmen afektif berpengaruh positif terhadap semua dimensi OCB seperti <em>altruism</em>, <em>conscientiousness</em>, <em>sportsmanship</em>, <em>courtesy</em>, dan <em>civic virtue</em>. Penelitian selanjutnya dapat membatasi pada pekerja dengan jenis kelamin tertentu saja, menggunakan mediasi berbagi pengetahuan dan moderasi kecerdasan emosional pada hubungan antara komitmen afektif dengan OCB pada pekerja milenial. Penelitian ini berkontribusi bagi peningkatan dimensi-dimensi OCB melalui komitmen afektif pada pekerja generasi milenial.</p> Muchtadin Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/107 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0800 Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan E-KTP Di Kecamatan Coblong Kota Bandung https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/132 <p>pengambilan keputusan hanyalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas layanan; Lain adalah untuk membantu petugas menjadi lebih baik dalam menyediakan sumber daya yang berbeda pada manajemen layanan melalui pelatihan struktur di tingkat yang berbeda. Hanya memanfaatkan indikasi yang intrinsik bagi konsumen layanan, kesenangan dengan layanan seperti itu, tidak cukup untuk mengevaluasi efisiensi layanan publik. Menggunakan sejumlah karakteristik kualitas layanan, termasuk jaminan, bukti langsung, empati, daya tanggap, ketergantungan, dan komunikasi, studi ini menilai kualitas layanan manufaktur E-KTP yang ditawarkan oleh pemerintah di berbagai wilayah Indonesia. Selanjutnya, investigasi ini dilakukan untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang membatasi kualitas layanan, yang dibuktikan dengan infrastruktur dan fasilitas, protokol layanan, dan kompetensi personel.</p> Reza Agustina, Rizka Fadlika, Agustina Rifki Zein Al birri Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/132 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0800 Inovasi Pencegahan Stunting Dalam Menggunakan Aplikasi Elsimil https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/142 <p>Peran&nbsp; BKKBN dalam Pencegahan Stanting Melalui Program Aplikasi ELSIMIL (Elektronik Siap Menikah dan Siap Hamil) di kelurahan Gumuruh Pernikahan dan kesehatan reproduksi merupakan aspek penting dalam kehidupan masyarakat. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif (Sugoyono. 2022). Responden dalam penelitian ini adalah seluruh calon pengantin di Kelurahan Gumuruh, sebanyak 19 pasang calon pengantin. Untuk mengetahui peran Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam menurunkan angka stunting melalui Bina Keluarga Balita (BKB), peneliti menggunakan teknik pengumpulan information dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Aplikasi ELSIMIL terdapat fitur penting yang dapat digunakan pengguna maupun pendamping dalam mengantisipasi terjadinya stunting pada calon pengantin. Di period advanced Saat ini, teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi kesehatan portabel telah menjadi cara yang efektif untuk memberikan informasi kesehatan, pendidikan, dan dukungan kepada individu. Aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) adalah aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesehatan reproduksi calon pasangan (BKKBN, 2021)</p> <p>Kata kunci : Inovasi, Elsimil, Pelayanan, Stunting</p> milati azkia, Mila Indriyanti, Sunandie Eko Ginanjar, Rahmat Santa, Teti Maryulina Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/142 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0800 Analisis Kebijakan Keselamatan Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/105 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Analisis Kebijakan Keselamatan Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Penelitian ini dilakukan pada 9 Februari – 30 Juni 2023 di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang dan penelitian ini menggunakan model Content Analysis (Analisis Isi)</p> andra fristasya, Bobi Handoko, Muhammad Firdaus, Sherly Mutiara Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/105 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0800 Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Dalam Pelayanan Publik Perangkat Desa Kalukuang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/114 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali kontribusi pemanfaatan teknologi dalam pelayanan publik perangkat desa kalukuang kecamatan galesong kabupaten takalar. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari para perangkat desa dengan membagikan kuesioner dan penarikan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 32 responden. Data&nbsp;&nbsp; dikumpulkan menggunakan&nbsp; instrumen&nbsp; penelitian&nbsp; berupa&nbsp; pertanyaan&nbsp;&nbsp; yang&nbsp; diukur&nbsp; menggunakan&nbsp; skala Likert.&nbsp; Analisis&nbsp; data&nbsp; dilakukan&nbsp; dengan&nbsp; menggunakan&nbsp; analisis&nbsp; regresi&nbsp; linier&nbsp; berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam peningkatan pelayanan publik perangkat desa.</p> Raizal Adhimsyah, Akbar Said Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/114 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0800