ANALISIS ASAS PELAYANAN PUBLIK PADA PUSKESMAS SUNGAI SEMBILAN KOTA DUMAI

  • asiah fitri Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai
  • Dede Mirza Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
  • Latip Latip Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
Keywords: Asas Pelayanan Publik, Puskesmas, Pemerintah

Abstract

Puskesmas merupakan unit pelaksanaan teknis yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mencapai derajat kesehatan yang optimal tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan. Puskesmas Sungai Sembilan merupakan Unit Pelayanan Kesehatan yang bertugas menyelenggarakan pelayanan dimasyarakat di bidang kesehatan. Namun berdasarkan penelitian yang penulis lakukan masih ditemukan beberapa gejala masalah yaitu waktu pelayanan belum sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dan masih kurangnya sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas Sungai Sembilan Kota Dumai.Berdasarkan gejala masalah tersebut dapat ditarik rumusan masalah yaitu Bagaimana Asas Pelayanan Publik pada Puskesmas Sungai Sembilan Kota Dumai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Asas Pelayanan Publik pada Puskesmas Sungai Sembilan Kota Dumai, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Asas Pelayanan Publik pada Puskesmas Sungai Sembilan Kota Dumai.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komarudin (2014:26) tentang asas pelayanan publik dengan indikator Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah pegawai dan masyarakat dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sensus sampling untuk pegawai dan teknik incidental sampling untuk masyarakat. Jenis data penelitian yaitu angket dan wawancara dan teknik pengolahan data menggunakan pengukuran Rating Scale.

Hasil penelitian menunjukkan kategori baik. Menggunakan 6 indikator dan 18 sub indikator dengan responden sebanyak 156 orang responden. Dan total skor 6.158 berada pada rentang skor 5.616 – 8.424 dengan persentase 73,10%. Adapun faktor pendukung dalam penelitian ini adalah adanya transparansi dalam pelaksanaan pelayanan publik pada Puskesmas Sungai Sembilan Kota Dumai dan Keseimbangan Hak dan Kewajiban pada Puskesmas Sungai Sembilan Kota Dumai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih kurangnya kemampuan organisasi dalam menyediakan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai dan kurangnya kesesuaian antara waktu pelayanan yang ditetapkan dengan realisasi dilapangan.

References

Agus Dwiyanto Manajemen Pelayanan Peduli,Inklusif,Kolaboratif, Gadjah Mada Universitas Cetakan Ke-2 Yogyakarta 2011.
Hardiansyah. Kualitas Pelayanan Publik Konsep Dimensi Indikator dan Implementasinya, Gava Media, Yogyakarta, 2018.
Hardiansyah. Kualitas Pelayanan Publik Konsep Dimensi Indikator dan Implementasinya, Gava Media, Yogyakarta, 2011.
Komarudin, Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik, Genesindo, 2014.
Mahmudi, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN 2015.
Moenir, H.A.S, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta, 2014.
Mukarom, Zaenal. Manajemen Pelayanan Publik, CV. PUSTAKA SETIA, Bandung, 2015.
Mulyadi Deddy. dkk, Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik, Alfabeta, Bandung, 2016.
Ratminto, Atik Septi Winarsih, Manajemen Pelayanan, Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan minimal, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2014.
Safroni Ladzi, Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia, Aditya Media Publishing, Yogyakarta, 2012.
Sinambela, Lijan Poltak, Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan, dan Implementasi, Bumi Aksara, Jakarta, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2017.
Surjadi, Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik, Refika Aditama, Bandung, 2012.

UNDANG-UNDANG DAN PERATURAN

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019
Peraturan Walikota Kota Dumai Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pada Dinas Kesehatan Kota Dumai.
Surat Edaran Berdasarkan Undang-undang Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Published
2022-02-04
How to Cite
fitri, asiah, Mirza, D., & Latip, L. (2022). ANALISIS ASAS PELAYANAN PUBLIK PADA PUSKESMAS SUNGAI SEMBILAN KOTA DUMAI. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 3(1), 1-8. Retrieved from https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/66