Original research Article Analisis Pelayanan Publik Oleh Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Dumai

Studi Lapangan tentang Efektivitas, Responsivitas, dan Hambatan Pelayanan Kebakaran di Kota Dumai

Penulis

  • Rudi Hartasetiadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning
  • Dewi Khotimah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning
  • Selina Aura Delvi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning
  • Syerila Rahmadani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning
  • zahra hkurum maqsura mahasiswa

Kata Kunci:

Public Services, Fire and Rescue Service, Facilities and Infrastructure, Human Resources, Service Effectiveness

Abstrak

Penelitian ini membahas permasalahan efektivitas pelayanan publik oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Dumai, yang dihadapkan pada keterbatasan sumber daya manusia, fasilitas, dan infrastruktur, serta rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pencegahan kebakaran. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif melalui wawancara langsung dengan staf lapangan, observasi, dan studi dokumentasi untuk menilai kinerja operasional, kecukupan fasilitas, kemampuan SDM, serta efektivitas koordinasi internal dan eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik di bidang pemadaman kebakaran di Kota Dumai masih belum optimal, ditandai dengan keterbatasan jumlah personel, dan fasilitas yang belum memadai. Selain itu, keterlibatan masyarakat dalam pencegahan dan penanganan awal kebakaran masih rendah. Simpulan dari penelitian ini menegaskan perlunya peningkatan jumlah dan kualitas sumber daya manusia, pengadaan sarana prasarana yang memadai, serta intensifikasi edukasi dan pelibatan masyarakat agar pelayanan publik di bidang penanggulangan kebakaran dapat berjalan lebih efektif, profesional, dan responsif terhadap kebutuhan warga Kota Dumai.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-31

Terbitan

Bagian

Artikel