Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Dumai

Penulis

  • L Wahyuni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
  • hildawati hildawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.36917/japabis.v5i1.80

Kata Kunci:

kepuasan pelanggan, badan penyelenggaraan jaminan sosial

Abstrak

Kesehatan merupakan hal yang sangat krusial bagi masyarakat, khususnya di negara Indonesia yang memiliki tingkat populasi yang tinggi. Jaminan pemeliharaan kesehatan di Indonesia sudah berlangsung sejak zaman kolonial Belanda. Teori yang digunakan dalan penelitian ini menurut Parasurahman dalam Algifari (2016:12) yaitu : Reliability, Responsiveness, Competence, Acces, Courtesy, Communication, Credibility, Security, Understanding/Knowing the Customer, Tangibles. Teknik Pengumpulan Data diantara yaitu Observasi, Wawancara dan Kuesioner. Dalam menganalisa data, penelitian ini menggunakan analisa data statistik deskriptif, yaitu statistik yang digunakan dalam menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Kemudian pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert, yaitu suatu skala psikometrik yang umum digunakan dalam angket dan merupakan skala yang paling banyak digunakan dalam riset berupa survei. Diperoleh tanggapan responden mengenai indicator Reliability (Kehandalan) mendapatkan skor 1.256. Indikator Responsiveness (Daya Tanggap) mendapatkan skor1.298. Indikator   Competence (Pengetahuan) mendapatkan skor 1.329. Indikator Acces (Akses) mendapatkan skor 1.308. Indikator Courtesy (Kesopanan) mendapatkan skor 1.291. Indikator Communication (Komunikasi) mendapatkan skor 1.274. Sedangkan indikator Credibility (Kredibilitas) mendapatkan skor 1.319, kemudian indikator Security (Keamanan) mendapatkan skor1.298 serta indikator Understanding/Knowing the Customer mendapatkan skor 1.336 dan indikator Tangibles (Bukti Fisik) mendapatkan skor 1.148. Dengan total skor keseluruhan 12.857.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-30

Terbitan

Bagian

Artikel