ANALISIS PRINSIP PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN SUKAJADI KECAMATAN DUMAI KOTA KOTA DUMAI

  • andi nur hanisa Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
  • hildawati hildawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
Keywords: Prinsip Pelayanan Publik

Abstract

Pelayanan publik merupakan segala kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar sesuai dengan hak-hak dasar setiap warga negara atau penduduk atas suatu barang, jasa dan pelayanan yang terkait dengan kepentingan publik. Kelurahan Sukajadi merupakan salah satu instansi pemerintah yang melayani masyarakat dalam melakukan pengurusan administrasi. Dalam melakukan pelayanan aparatur pemerintah harus melayani masyarakat dengan baik, ramah dan sopan, sehingga masyarakat dapat merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan. Namun dari penelitian yang penulis temukan ada beberapa gejala masalah yaitu ketidaksesuaian dari segi waktu pengurusan pelayanan dan masih ditemukan jam kerja pegawai yang tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan, sehingga masyarakat harus menuggu lama untuk mendapatkan pelayanan.

Berdasarkan gejala masalah di atas, dapat rumusan masalah yaitu Bagaimana Prinsip Pelayanan Publik Pada Kantor Lurah Sukajadi Kecamatan Dumai Kota Kota Dumai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Prinsip Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Sukajadi Kecamatan Dumai Kota Kota Dumai, untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Prinsip Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Sukajadi Kecamatan Dumai Kota Kota Dumai.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komarudin (2014:28-29) Prinsip Pelayanan Publik, dengan 10 indikator yaitu: Kesederhanaan, Kejelasan, Kepastian Waktu, Akurasi, Keamanan, Tanggung Jawab, Kelengkapan Sarana dan Prasarana, Kemudahan Akses, Kedisiplinan, Kesopanan, dan Keramahan, Kenyamanan. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai dan masyarakat Kelurahan Sukajadi dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh untuk pegawai dan teknik accidental sampling untuk masyarakat. Jenis data penelitian ini yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Teknik Pengumpulan Data yaitu Angket dan Wawancara. Dan Teknik Pengolahan Data menggunakan Rating scale.

Hasil penelitian menunjukkan kategori Baik. Menggunakan 10 indikator dan 30 sub indikator dengan responden sebanyak 51 orang diperoleh total skor 3.195 (69,61%). Adapun Faktor Pendukung dalam penelitian ini yaitu Terdapatnya Keamanan dan Terdapatnya Akurasi dalam pelaksanaan pelayanan. Sedangkan Faktor Penghambat yaitu masih kurangnya Kedisiplinan, Kesopanan, Keramahan dan Masih Kurangnya Kejelasan dalam pelaksanaan prinsip pelayanan publik.

References

Moenir, H.A.S, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Bumi Aksara Jakarta,2010.
Komarudin, 2014 Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik, Jakarta: Genesindo.
Mahmudi, Manajemen Kerja Sektor Publik. Unit Penerbit dan Percetakan
Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta, 2015.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya). Yogyakarta.GAVAMEDIA.
Anggara, sahya, Ilmu Administrasi Negara Kajian Konsep Teori dan Fakta dalam Upaya Menciptakan Good Government.Pustaka Setia Bandung, 2012.
Sinambela, Lijan Poltak, Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara, Jakarta, 2011.
Agus Dwiyanto Manajemen Pelayanan Peduli,Inklusif,Kolaboratif, Gadjah Mada Universitas Cetakan Ke-2 Yogyakarta 2011.
Pasolong Harbani, Metode Penelitian Administrasi Publik. Alfabeta, Bandung, 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung, 2017
Mukarom, Zaenal. Manajemen Pelayanan Publik, CV. PUSTAKA SETIA, Bandung, 2015
Mulyadi Deddy. dkk, Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik, Alfabeta, Bandung, 2016.
Ratminto, Atik Septi Winarsih, Manajemen Pelayanan, Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan minimal, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2014.
Peraturan-peraturan
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Peraturan Daerah (PERDA) Kota Dumai Nomor 8 Tahun 2009 Tentang Pembentukan Kecamatan Dumai Kota dan Kecamatan Dumai Selatan Kelurahan Sukajadi termasik dalam wilayah Kecamatan Dumai Kota.
Peraturan Walikota Dumai Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan.
Peraturan Walikota Dumai Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Standar Operasional Prosedur Pelayanan Administrasi Pertanahan diKecamaan dan Kelurahan..
Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Keputusan Surat Edaran Walikota Dumai Nomor 862/DKD-PK/SE/59 Tahun 2014 Tentang Ketentuan Jam Kerja, Apel dan Izin PNS.
Peraturan Walikota Dumai Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Tambahan Penghasilan Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Dumai.
Published
2021-08-07
How to Cite
nur hanisa, andi, & hildawati, hildawati. (2021). ANALISIS PRINSIP PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN SUKAJADI KECAMATAN DUMAI KOTA KOTA DUMAI. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 3(2), 8-19. Retrieved from http://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/73