ANALISIS STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA DUMAI

  • rita erlianti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai
  • Encik Maznah Hijeriah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
  • Latip Latip Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai
Keywords: Standar Pelayanan Publik, Pemerintah, Kementerian Agama

Abstract

Kantor Kementerian Agama Dumai melaksanakan tugas pokok dan fungsi Kementerian Agama dalam wilayah kota berdasarkan kebijakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis masih ditemukan beberapa gejala masalah yaitu masih kurang tepatnya waktu penyelesaian pelayanan pada Kantor Kementerian Agama Dumai dan masih kurang telitinya pegawai Kantor Kementerian Agama Dumai menyelesaikan data yang terkait dengan Ijazah MDTA yang mengakibatkan pembagian Ijazah tertunda berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada masyarakat yang berurusan.. Berdasarkan gejala masalah di atas, dapat penulis merumusan masalah yaitu Bagaimana Standar Pelayanan Publik Pada Kantor Kementerian Agama Dumai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Standar Pelayanan Publik pada Kantor Kementerian Agama Dumai, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Standar Pelayanan  Publik Pada Kantor Kementerian Agama Dumai. Teori yang digunakan adalah Menurut Mahmudi (2015:226-227) untuk menukur standar pelayanan publik dengan 6 indikator yaitu: Prosedur pelayanan, Waktu penyelesaian, Biaya pelayanan, Produk pelayana, Sarana dan Prasarana, dan Kompetensi petugas pemberi pelayanan. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah Pegawai dan Masyarakat pada Kantor Kementerian Agama Dumai dengan pengambilan sampel menggunakan metode sensus untuk pegawai, dan teknik sampling insedental untuk masyarakat. Jenis Data penelitian ini yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Teknik Pengumpulan Data yaitu Angket dan Wawancara. Dan teknik pengolahan data menggunakan pengukuran Rating Scale. Hasil penelitian menunjukkan kategori Cukup Baik. Menggunakan 6 indikator dan 18 sub indikator dengan responden sebanyak 117 orang responden berada pada rentang skor 2107 - 4212 dan total skor 4209 dengan persentase 66,62%. Adapun faktor pendukung dalam penelitian ini yaitu terdapat prosedur pelayanan dalam standar pelayanan Publik pada Kantor Kementerian Agama Dumai. serta terdapat produk pelayanan dalam pelaksanaan pelayanan publik melalui standar pelayanan pada Kantor Kementerian Agama Dumai. Sedangkan faktor penghambat yaitu masih kurang sesuai waktu penyelesaian pelayanan pada Kantor kementerian Agama Dumai dan masih kurangnya kompetensi petugas pemberi pelayanan dalam pelaksanaan pelayanan pada Kantor Kementerian Agama Dumai.

References

Hardiansyah, “Kualitas Pelayanan Publik”, Gaya Media, Yogyakarta,2011.
Istianto, Bambang, “Manajemen Pemerintah”, Mitra Wacana Media, Jakarta, 2011.
Mahmudi, “Manajemen Kinerja Sektor Publik”, Edisi Ketiga, Penerbit YKPN, Yogyakarta,2015.
Moenir, “Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia”, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta, 2006.
Mutiarin, Dyahdan Arif Zainudin, “Manajemen Birokrasi dan Kebijakan”, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2014.
Napitulu, Paimin, “Pelayanan Publik & Customer Stafication”, PT. Alumni, Bandung, 2007.
Pasalong, Harbani, “Metode Penelitian Administrasi Publik”, Alfabeta, Bandung, 2012.
Prasetyo, Bambang, dan Miftahul Jannah Lina, “Metode penelitian Kuantitatif ;Teori dan Aplikasi”, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2014.
Ratminto dan Atikseptiwiarsih, “Manajemen Pelayanan”, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2010.
Ridwan, “Skala pengukuran variabel-variabel penelitian”, alfabeta,
Bandung 2009.
Sinambela, Litjan Poltak, “Reformasi Pelayanan Publik”, Bumi Aksara, Jakarta, 2006.
Sugiyono, “Metodelogi penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D”, Alfabeta, Bandung, 2012.
Surjadi, “Pengembangan Kinerja PelayananPublik”, Cetakan Kedua, PT. Refika Aditama, Bandung, 2012.
Tangkilisan, Hessel Nogi, “Manajemen Publik”, PT. Grasindo, Jakarta, 2007.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Peraturan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Kementerian Agama
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 83 tahun 2015 Pasal 2 Tentang Kedudukan,Tugas, danFungsiKementerian agama
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata KerjaInstansi Vertikal Kementerian Agama
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2016 Tentang Pelayanan Terpadu Pada Kementerian Agama
Peraturan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 207 Tahun 2014 Tentang Pedoman Asesmen Kopetensi Bagi Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Kementrian Agama
Published
2022-02-04
How to Cite
erlianti, rita, Maznah Hijeriah, E., & Latip, L. (2022). ANALISIS STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA DUMAI. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 3(1), 9-16. Retrieved from http://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis/article/view/67