AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR CAMAT RANGSANG BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

  • dila erlianti
  • Abdul Gafur Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai
Keywords: Akuntabilitas, Pelayanan Publik

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan masih ditemukan beberapa gejala masalah antara lain: (1) Masih kurangnya ketepatan waktu dalam penyelesaian pelayanan, realisasi yang menjadi kebijakan dalam setiap pekerjaan pengurusan diKantor Camat Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti  namun realisasinya masih belum sesuai harapan (2) Berdasarkan dari data penduduk, kk, dan realisasi perekaman KTP-el, menunjukan bahwa masih ditemukan masyarakat yang belum memiliki KTP-el.Berdasarkan gejalah masalah tersebut, dirumuskan permasalahan pokok penelitian yaitu :”Bagaimana Akuntabilitas  Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti”.Tujuan penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui Akuntabilitas  pepelayanan publik. Kantor Camat Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan  Merantidan (b) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Akuntabilitas pelayanan publik pada Kantor Camat Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menurut Mahmudi (2013:228) mengatakan ada enam indikator untuk mengukur azas pelayanan pubik yaitu. (1) Transparansi, (2) Akuntabilitas , (3) Kondisional, (4) Partisipasif, (5) Tidak Diskriminati (kesamaan hak), (6) Keseimbangan Hak Dan Kewajiban. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai dan masyarakat. Teknik pengambilan sampel untuk pegawai kantor camat sebanyak 30 orang dilakukan dengan teknik sampling jenuh.S edangkan Teknik pengambilan sampel untuk masyarakat sebanyak 66 orang mengunakan teknik sampling incidental sehingga jumlah jumlah seluruhnya 96 responden. Jenis data terdiri dari data terdiri dari data primer dan data skunder.Teknik pengumpulan data dari mengunakan angket dan wawancara, analisa data dilakukan dilakukan secara statistic deskriptif. Teknik pengukuran dengan mengunakan Rating scale.

References

Fairuzabadi, M., & Erizal, E. (2015).Master Plan e-Government Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten. Jurnal Dinamika Informatika, 5(1).
Dwiyanto, A. (2018). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif Dan Kolaborasi. UGM PRESS.
Afrizal, D., Effendi, N., & Handayani, P. Upaya Pemberian Pelayanan Publik di UPT Puskesmas Balai Makam Kabupaten Bengkalis.
Rukayat, Y. (2018). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 11(2).
Afrizal, D., & Sahuri, C. (2012). Analisis Manajemen Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Pembangunan, 1(1), 47-50.
Erlianti, D. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Satlantas Unit Turjawali Polres Dumai Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik
Effendi, S. (2007). Perspektif Administrasi Pembangunan Kualitas Manusia dan Kualitas Masyarakat.
Erlianti, D. (2019). Analisis Akuntabilitas Pelayanan Kantor Lurah Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai Dalam Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan. Jurnal Niara, 12(1), 35-45.
Iirma suryani & Jamaludin Falkultas Ilmu Social Universitas Negri Makasar
Ni Made Ratna Juita Falkultas Ilmu Social Politik Universitas Udayana
Sigit indra wijaya & Nikmaturrohmah Falkultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
Tona aurora lubis & najmi ful hanif mmanajemen pemerintahan FISIP UNJA
Zamroni, Z., Afifuddin, A., & Widodo, R. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Pada Pelayanan Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kantor Keluran Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Studi Kasus Pada Kantor Kelurahan Dinoyokecamatan Lowokwaru Kota Malang).
Published
2020-06-22
How to Cite
erlianti, dila, & Gafur, A. (2020). AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR CAMAT RANGSANG BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 2(1), 19-28. https://doi.org/10.36917/japabis.v2i1.41